Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

Pelatihan Internal Pencegahan Dan Pengendalian Kebakaran Strategi Antisipasi Risiko Bencana RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

Posted on 15 Februari 2016 09:02:00


Rumah sakit harus selalu siap dan mengantisipasi adanya segala risiko bencana. Upaya kesiapsiagaan terhadap bencana dilakukan melalui Kegiatan Pelatihan dan Simulasi bagi karyawan. Demikian juga kelengkapan  fasilitas yang aman, berfungsi dan suportif bagi pasien, keluarga, karyawan dan pengunjung. Pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana fisik, medis dan peralatan serta peralatan proteksi diri serta pemeliharaan peralatan dikelola secara efektif guna mengurangi risiko dan mencegah kecelakaan.

Salah satu risiko bencana yang mungkin terjadi adalah kebakaran. Implementasi standar akreditasi tentang kesehatan kerja, kebakaran dan kewaspadaan bencana (K3 RS)  di RSMS memastikan seluruh personil yang ada di rumah sakit aman dari kebakaran, asap dan kedaruratan lain. Petugas rumah sakit selalu di latih sehingga cakap dalam memberikan pertolongan pertama pada saat terjadi kebakaran.

Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran secara rutin di menjadi kegiatan tahunan dengan bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Banyumas dan mengikutsertakan lebih dari 150 orang karyawan setiap unit kerja. Melalui pelatihan ini di harapkan setiap karyawan akan mampu berpikir kritis mendeteksi risiko kebakaran, mampu menghadapi dan berkontribusi positif dalam keadaan kedaruratan kebakaran, mampu memahami alur evakuasi pasien yang aman, mampu menggunakan peralatan pemadaman sederhana (metode tradisonal, APAR dan Pemadaman Hydran).

Pelatihan yang diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 14 November 2015 di awali dengan pembelajaran penyampaian materi dilanjutkan dengan simulasi pemadaman kebakaran di lapangan upacara RSMS. Pada kesempatan ini dilaksanakan transfer ilmu bersama 7 orang petugas pemadam kebakaran Kabupaten Banyumas yang di pimpin oleh Bapak Daryono, Jajaran Bidang Sarana Prasarana Rumah Sakit dan Bidang Diklit. Semua peserta dengan bimbingan instruktur pelatihan di berikan kesempatan melakukan pemadaman api dengan peralatan tradisional, menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan dilanjutkan secara berkelompok menggunakan pompa hydran dengan menggunakan sirkuit RSMS dan Mobil Pemadam.

Semoga Pelatihan ini memberikan kesiapsiagaan kepada setiap karyawan dan mejadikan kebakaran tidak pernah terjadi di RSMS. (arp308)


Pencarian Berita

Arsip Berita