Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

Chat

VITREKTOMI

Posted on 01 Juni 2014 11:34:32


Vitrektomi adalah operasi untuk rnenghilangkan badan kaca atau vitreus (jelly bening seperti kaca) dari dalam bo a rnata. Agar dapat mengerti bagaimana dan kenapa vitrektomi dilakukan, sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana cara mata bekerja.
Mata kita bekerja seperti sebuah kamera. Pupil rnata akan mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam rnata. Kornea dan lensa memfokuskan cahaya pada retina. Retina adalah lapisan syaraf yang peka terhadap cahaya yang melapisi dinding mata bagian dalam. Gambar yang didapatkan oleh retina akan dikirimkan ke otak melalui syaraf optik.
Vitreus adalah cairan bening seperti jelly yang mengisi sekitar dua per tiga dari •.'•olume mata. Vitreus terdiri dari 99% air dan sisanya adalah serat collagen, dan protein. Vitreus melekat erat pada beberapa tempat di retina, dan hai ini yang dapat menimbulkan masalah pada keadaan tertentu. Bagian putih yang menyelubungi mata disebut sclera. BAGAIMANA CARA MELAKUKAN VITREKTOMI? Vitrektomi adalah operasi mikro yang dilakukan di ruang operasi. Pembiusan dapat dilakukan iokal atau umum. Untuk prosedur yang lebih rumit, pembiusan umum lebih disukai. Dua atau tiga sayatan tipis pada sclera akan dibuat agar beberapa alat yang kecil dapat diselipkan ke mata seperti larnpu fibreoptik, pemotong vitreus, gunting halus, dan alat laser, Cairan vitreus akan digantikan bahan lain seperti larutan garam yang mirip dengan cairan tubuh, udara atau gas. Cairan vitreus tidak akan terbentuk lagi dan mata dapat berfungsi tanpa vitreus.
Pada akhir operasi sayatan tadi akan dijahit kembali dan akan sembuh perlahan-lahan.dan selanjutnya akan menyebabkan kebutaan. Insiden kebutaan pada penderita diabetes mellitus adalah 25 kali lebih tinggi dari populasi normal.
Makin lama seseorang rnenderita diabetes mellitus, semakin tinggi kemungkinan ia akan menderita retinopati diabetika- Sekitar 80% orang yang sudah menderita diabetes mellitus selama 15 tahun akan terserang oleh retinopati diabetika.
RESIKO DAN KOMPLIKASI APA YANG MUNGKIN TIMBUL PADA VITREKTOMI?
Seperti halnya operasi yang lain, vitrektomi pun mempunyai komplikasi seperti:
• Perdarahan.
• Infeksi.
• Peningkatan tekanan bola mata.
• Ablasio retina.
• Katarak.
Timbulnya katarak lebih awal, terjadi pada lebih dari 50% pasien yang menjalani vitrektomi. Pasien ini akan menjatani operasi katarak.
Komplikasi akibat pembiusan dapat terjadi. Pembiusan okal kadang-kadang menimbulkan perdarahan di sekeliling mata tapi jarang berakibat lanqsung pada mata. Pembiusan umum berpotensi resiko serius. Bila Anda akan mendapatkan pembiusan umum, Anda akan ditangani oleh spesialis anestesiologi sebelum operasi.
Bila Anda rnemerlukan informasi tambahan, hubungi dokter spesiaiis mata Anda atau hubungi Klinik Retina RSMS


Komentar Berita.

Belum ada komentar.

Pencarian Berita

Arsip Berita