Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

Chat

Pasien dengan Otitis Media Supuratifa kronik (OMSK) atau “congek” yang sudah menjalar keselaput otak sukses di operasi di INSTALASI BEDAH SENTRAL RSMS

Posted on 26 Mei 2017 14:49:36


Penyakit OMSK atau dalam istilah awam disebut juga   “congek” merupakan penyakit yang banyak dijumpai di negara kita. Kebiasaan mengkorek-korek   telinga   yang menyebabkan gendang telinga berlubang maupun penyebab lainnya dituding sebagai penyebab timbulnya penyakit ini. Beberapa keadaan menyebabkan penyakit ini cukup ditakuti oleh para penderitanya. Disamping dapat menimbulkan dampak yang fatal ke otak, penyakit ini juga menjadikan penderitanya  merasa  kurang  percaya  diri.  Hal  ini  disebabkan    bau  yang  ditimbulkan  oleh penyakit yang menyerang telinga bagian dalam tersebut  menjadikan penderita merasa minder.

Penanganan penyakit ini tergolong cukup sulit sebab tidak hanya mengandalkan therapi konservatif berupa pengobatan saja tetapi dalam kondisi tertentu diperlukan   pembedahan. Pembedahan yang dilakukan  menggunakan peralatan  canggih, seperti penggunaan mikroskop dan perangkat lain. Yang tidak kalah penting dari semua itu adalah sumberdaya manusia , dalam hal ini dokter yang akan melakukan pembedahan harus memiliki kualifikasi untuk melakukan tindakan yang disebut dengan mastoidektomi radikal .

Sejak beberapa waktu ini, kegiatan pembedahan pada penyakit congek  sudah sering dilakukan di Instalasi Bedah Sentral RSUD Prof Dr. Margono Soekarjo oleh dokter Anton Budi Dharmawan, Sp THT-KL. Dokter yang sedang menempuh pendidikan Doktor dibidang   otologi ini sudah beberapa kali melakukan tindakan pada kasus yang memerlukan waktu yang cukup lama pada tindakanya, Setidaknya diperlukan waktu minimal 4 jam untuk satu tindakan.

Untuk lebih menambah wawasan dan ketrampilan dalam hal penanganan penyakit ini,pada 22 mei 2017, bagian THT RSMS mengundang Dr.dr Harim Priyono, Sp THT-KL(K) dari bagian THT RSCM untuk ikut berbagi ilmu dan pengalaman di kamar bedah RSMS. Ada   2 pasien dengan kasus OMSK dan 1 pasien dengan stenosis CAE AD  yang dikerjakan pada hari tersebut. Pasien pertama dilakukan tindakan Mastodektomi disebabkan OMSK nya sudah meluas sampai ke  intrakranial,  sedangkan  pasien  yang  kedua  penyakitnya  sudah  mendestruksi  tulang  yang melindungi vena jugularis (pembuluh darah besar) dan tulang pendengaran. Pada pasien ke 3 dilakukan tindakan   kanaloplasti.   Berkat pengalaman yang sudah didapat dari kedua dokter specialis THT ini, Operasi yang berlangsung lebih dari  15 jam pada 3 pasien tersebut berjalan sukses.


Komentar Berita.

Belum ada komentar.

Pencarian Berita

Arsip Berita