Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

Chat

“World Cancer Day 2015” di RSUD Prof.Dr.Margono Soekarjo Purwokerto

Posted on 06 Februari 2015 08:00:12


Rabu 4 February 2015  World Cancer Day diperingati diberbagai belahan dunia. Tak terkecuali di RSUD Prof. Dr.Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto. Pagi itu Instalalasi Radioterapi terlihat sangat sibuk bahkan lebih sibuk dari hari biasanya. Banyak orang mengenakan seragam kaos kuning. “ini merupakan peringatan untuk kedua kalinya di Instalasi Radioterapi,” kata R. Prahardi, S.ST. seorang radioterapist senior di RSMS. Lebih jauh menjelaskan bahwa tema tahun ini adalah “Hidup Sehat Hindari Kanker” Acara dihadiri sekitar 120 orang yang terdiri dari pasien beserta keluarganya, pasien yang sudah selesai menjalankan program radioterapi serta staf. Pada kesempatan tersebut dr Arundito Sp RT menyampaikan presentasi tentang bagaimana cara mudah mendeteksi kanker tips bagaimana hidup dengan kanker dan bagaimana menjalaininya, tindakan atau penanganan kanker. Seluruh staf Radioterapi juga terlihat memimpin praktek hand hygiene yang diikuti seluruh peserta.

Selanjutnya Penanggungjawab Instalasi Radioterapi Mina Wahyuningsih, S.ST menjelaskan bagaimana alur pelayanan di Radioterapi RSMS agar pasien mendapatkan pelayanan yang lebih memuaskan. Dia juga berharap agar dukungan dari keluarga, orang terdekat, tempat kerja dan masyarakat diberikan terus menerus sehingga kondisi psikologi pasien menjadi semakin baik, optimis dan kuat menghadapi kanker.  “Saya sangat berterima kasih pada RSMS yang telah menyediakan fasilitas pelaynaan ini sehingga kami dapat mengaksesnya. Tidak perlu lagi harus jauh jauh ke Jogja atau Semarang.” Kata Rita salah satu pasien pelanggan setia Radioterapi.
Instalasi Radioterapi RSMS berdiri tahun 2006 dan hingga saat ini menjadi satu satunya penyedia pelayanan Radioterapi di Jawa Tengah bagian Barat dengan dilengkapi mesin Cobalt 60. Karena pertumbuhan pasien yang terus meningkat tahun 2015 ini fasilitas baru ditambah dengan 1 mesin Cobalt 60 lagi. Bahkan untuk semakin menyempurnakan pelayanan masyarakat, tahun ini direncanakan akan ada penambahan mesin Brachy Therapy setelah sebelumnya mendapat persetujuan dari RSMS dan Pemprov Jawa Tengah. ”Kami berharap agar outcome pasien kanker di RSMS menjadi semakin baik” kata dr Arundito, Sp. RT. Pada kesempatan yang berbeda Ibu Mina Wahyuningsih menjelaskan bahwa saat ini daftar Tunggu Radioterapi sudah tercatat hingga April 2015, namun dengan beroperasinya mesin baru daftar tunggu itu dapat dipangkas. Dari Laporan tahunan 2014 didapatkan bahwa IRT melayani 7740 kedatangan pasien di tahun 2014 lalu. Dan ada 252 pasien baru. Jumlah pasien tersebut diprediksi akan terus bertambah kecuali usaha pencegahan semakin digalakkan. “Sudahkan Anda menyadari Bahaya Kanker”.


Komentar Berita.

Belum ada komentar.

Pencarian Berita

Arsip Berita