Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

Chat

Bimbingan Akreditasi Standar Versi 2012 Tanggal 19,20 Mei 2015 Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

Posted on 20 Mei 2015 10:58:19


Mutu pelayanan Rumah Sakit merupakan derajat pelayanan Rumah Sakit guna memenuhi kebutuhan masyarakat, konsumen akan pelayanan yang sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan. Sehingga untuk mencapai pelayanan yang bermutu di perlukan upaya peningkatan mutu yang terus menerus terutama pada aspek pengeloaan baik pengelolaan SDM, metode / sistem, sarana prasarana, Iingkungan dan keuangan. Hal ini juga sesuai konsep yang di kembangkan oleh Kemenkes yaitu pelayanan prima ( Exelent Service) dimana RS wajib memberikan pelayanan terbaik dan memenenuhi standar pelayanan yang di harapkan oleh masyarakat I pasien.

Selain konsep pelayanan prima, pada standar akreditasi versi 2012 juga di tegaskan bahwa fokus pelayanan adalah pasien. Untuk itu melalui implementasi akreditasi versi 2012 di harapkan RSMS dapat memberikan pelayanan sesuai standar yang semestinya dalam upaya peningkatan mutu keselamatan pasien.

Akreditasi Standar versi 2012 merupakan salah satu alat kontrol mutu pelayanan di rumah sakit yang merupakan perubahan paradigma baru akreditasi dimana mengacu pada Joint Commission Akreditation International ( JCI ) dan merupakan pengembangan dari standar akreditasi versi 2007. Pada standar Versi 2007 terdapat 16 standar pelayanan sedangkan pada standar versi 2012 terdapat 323 standar dan 1048 elemen penilaian yang diakomodir pada 15 bab seperti SKP (standar Keselamatan Pasien), PP ( pelayanan Pasien ), HPK ( hak pasien dan Keluarga ) sampai dengan MFK ( manajemen Fasilitas dan Keselamatan ). Standar versi 2012 ini berfokus pada keselamatan pasien, kuat pada proses, output dan outcome serta kuat pada implementasi & melibatkan seluruh petugas.

Dalam penerapan akreditasi standar versi 2012 di RSMS, dan menyiapkan penilaian akreditasi standar versi 2012 dari KARS, salah satu kegiatan yang dilakukan RSMS adalah mengadakan bimbingan akreditasi dengan narasumber dari KARS pusat Jakarta untuk semua bab ( 15 bab ) yang dibagi menjadi 4 tahap. bimbingan telah terlaksana 2x pada tahap pertama dibahas bab SKP, HPK, KPS dan MPO, tahap kedua bab MKI, PPK, MDGs dan dokumentasi akreditasi, tahap ketiga APK, PP, PAS dan AP, dan sekarang pokja MKI, PPK, MDGs dan dokumentasi akreditasi dengan nara sumber ibu Murondang Panjaitan, S.Kp, M.Kep dari tim KARS pusat jakarta. Pada tahap bimbingan ini dihadiri pokja inti (MKI, PPK, MDGs) dan pokja lain karena saling berkaitan.

Acara diawali dengan Safety Briefing dilanjutkan pembukaan oleh Bapak Direktur dan berikutnya adalah acara bimbingan. Dengan bimbingan ini diharapkan peserta mampu memahami aspek aspek pada bab akreditasi, dapat membantu penerapannya di unit kerja sesuai yang dipersyaratkan serta dapat mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penilaian akreditasi.


Komentar Berita.

Belum ada komentar.

Pencarian Berita

Arsip Berita