Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

Karang Taruna Di Purwokerto Belajar Bantuan Hidup Dasar Di RSMS

Posted on 07 Maret 2014 10:19:17


Keadaan gawat darurat dapat terjadi dimana saja,  kapan saja serta  dapat menimpa siapa saja.  Oleh karena itu , apabila terjadi situasi tersebut diharapkan setiap orang mampu melakukan tindakan pertolongan pada korban yang mengalami kejadian tersebut tidak terkecuali pada orang awam . Untuk mempersiapkan orang yang mampu memberikan pertolongan pertama pada situasi gawat darurat, diperlukan pelatihan penanggulangan gawat darurat. Hal ini dapat dimaklumi mengingat orang awam adalah orang pertama yang biasanya berhadapan dengan situasi tersebut. Ketidak tahuan penanganan korban ini akan berakibat fatal. Untuk itu diperlukan kesiapan agar orang awam  mampu melakukan tindakan pertolongan pertama.


Sebagai wujud tanggung jawab RSMS untuk memberikan pendidikan  kepada  masyarakat, bertempat diaula dua RSMS telah diselenggarakan kegiatan Basic Live Support untuk  untuk karang taruna yang ada diwilayah Purwokerto.Kegiatan yang berlangsung pada  6 Maret 2014 ini diharapkan mampu menyiapakan kader masyarakat yang mampu menghadapi situasi darurat sehingga diharapkan akan dapat menekan angka kesakitan dan kematian pada korban.


Peserta pelatihan basic live support mendapatkan materi tentang bagaimana melakukan penanganan terhadap korban yang mengalami gagal nafas dan gagal jantung, teknik pembalutan, evakuasi transportasi . Disamping teori, peserta juga mendapat materi  praktek sehingga dapat mengaplikasikan dalam kehidupan nyata.


Pencarian Berita

Arsip Berita